STKIP PAMANE TALINO MENJADI ANGGOTA FORUM LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN KABUPATEN LANDAK

STKIP Pamane Talino diwakili oleh anggota Biro Kerjasama, mengikuti rapat kordinasi forum lalu lintas dan angkutan jalan Kabupaten Landak (5/12). Kehadiran STKIP Pamane Talino dalam rapat tersebut sebagai salah satu anggota untuk mewakili perguruan tinggi di Kabupaten Landak. Tujuan adanya rapat kordinasi forum lalu lintas dan angkutan jalan ini ialah untuk menginventaris permasalahan lalu lintas, evaluasi 2019 dan rencana kerja 2020.

Rapat ini dihadiri oleh beberapa dinas dan organisasi masyarakat, seperti Dinas Pendidikan, Dinas Perhubungan dan Organda. Ketua Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan, Bapak Sudirman, mengatakan bahwa urusan forum lalu lintas ini ada sesuai undang undang (UU no 22 tahun 2009). Tujuan nya ialah untuk menciptakan lalu lintas yang berkeselamatan. Hasil dari rapat forum tersebut akan menjadi bahan rekomendasi ke pihak terkait. Beberapa bukti bahwa hasil rapat forum menjadi landasan program kerja ialah pembangunan bundaran di pal 2 dan acara car free day yang dilakukan sebanyak dua kali dalam sebulan.

Dalam rapat tersebut beberapa hal yang menjadi keprihatinan forum ialah keadaan jalan di Landak kelas 3 tapi kendaraan yang melewati jalan tersebut ialah kendaraan yang tergolong kendaraan besar. Forum merekomendasikan adanya portal. Selain itu, Pak Benny dari Dinas Pendidikan memohon bantuan untuk pengamanan titik titik ramai, terutama di waktu jam-jam masuk sekolah. Hal lain yang disoroti ialah saran pembuatan trafic light, peningkatan pembuatan rambu rambu dan zebra cross.

Kepala Dinas Perhubungan menyampaikan bahwa poin-poin yang disampaikan di dalam rapat sudah dipikirkan. Untuk saat ini Dinas Perhubungan masih terkendala dengan dana operasional dan tenaga yg bergerak di lapangan. Perwakilan STKIP menyampaikan bahwa STKIP membuka diri untuk kerjasama- kerjasama dengan instansi manapun. STKIP terbuka untuk membantu pengamanan pada saat jam-jam rawan, namun STKIP membutuhkan sosialisasi dan pelatihan dari pihak terkait, misalnya kepolisian. Kepolisian dan Dinas Perhubungan menyambut baik hal tersebut. Pihak Kepolisian juga mengatakan bahwa selama ini Kepolisian memliki program Police goes to school. Mungkin kedepannya polisi dan STKIP akan mengadakan kerjasama dengan STKIP Pamane Talino berkaitan dengan pelatihan-pelatihan yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.