PROGRAM BARA MUDA TAHAP 2: KOLABORASI ANTARA MAHASISWA STKIP PAMANE TALINO, MAHASISWI AKBID ST. BENEDICTA PONTIANAK & WARGA DUSUN ADONG 1

Program BARA MUDA Tahap 2 Di Dusun Adong 1 – Media Center STKIP Pamane Talino

Sabtu (18/12/2021) Program BARA MUDA tahap 2 kembali dilakukan. Untuk tahap 2 sendiri dilakukan dari bulan Desember 2021 – Januari 2022. Dalam program ini, terjadi sebuah kolaborasi antara mahasiswa STKIP Pamane Talino, Mahasiswi AKBID St. Benedicta Pontianak & warga Dusun Adong 1, Desa Tubang Raeng, Kecamatan Jelimpo, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat.

Kegiatan BARA MUDA dilaksanakan untuk mengatasi berbagai masalah yang ada di Dusun Adong 1, antara lain masalah sanitasi yang masih kurang baik, lingkungan perumahan warga yang kurang bersih, pola hidup masyarakat yang masih belum bisa dikatakan bersih serta pendidikan warga Dusun Adong 1 yang masih perlu ditingkatkan, karena mengingat hal ini berpengaruh terhadap mindset masyarakat disana.

Membersihkan Lingkungan Warga

Divisi ini dikoordinir langsung oleh Nikolas Anelka, mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2020. Fokus tim pembersihan lingkungan warga adalah memungut, merapikan dan membuang sampah  yang turut dibantu oleh masyarakat Dusun Adong 1.

“Melalui program ini, kita sebagai mahasiswa bisa menumbuhkan rasa kerja sama yang baik antara mahasiswa & masyarakat,” tutur Nikolas.

Bakti Pendidikan Prodi Matematika STKIP Pamane Talino

Bakti Pendidikan sendiri diambil alih oleh perwakilan mahasiswa dari 3 prodi yang ada di STKIP Pamane Talino, yaitu Matematika, Bahasa Inggris dan Olahraga. Materi yang diberikan kepada anak-anak disesuaikan dengan kurikulum yang sedang pemerintah terapkan sekarang.

Mahasiswa Matematika memberikan materi tentang operasi hitung kepada anak-anak agar bisa menghitung dengan rumus serta bisa mendapatkan hasil yang pasti dalam bidang menghitung.

Dalam wawancara, Prisila Parida, tim bakti pendidikan prodi Matematika mengatakan bahwa dengan mengikuti program ini, dia bisa mendapatkan pengalaman menjadi seorang guru dimana bisa mengajar didepan anak-anak secara langsung.

“Saya senang bisa menjadi bagian dari program BARA MUDA karena saya mendapatkan pengalaman bagaimana menjadi guru kedepannya, yang bukan hanya teori tetapi praktek langsung didepan anak-anak,” katanya.

Bakti Pendidikan Prodi Bahasa Inggris

Prodi Bahasa Inggris juga mengambil peran dalam program BARA MUDA, khususnya dibagian pendidikan. Anak-anak di Dusun Adong 1 diberikan materi dasar Bahasa Inggris tentang angka, huruf, nama hewan dan materi-materi dasar lainnya.

Dalam wawancara, Asteria Ella selaku perwakilan mahasiswa Prodi Bahasa Inggris mengatakan sangat senang karena bisa berbagi ilmu dengan anak-anak di Dusun Adong 1. Dia melihat bahwa di dusun Adong 1 sangat membutuhkan dorongan pendidikan ataupun motivasi dalam dunia pendidikan, khususnya dalam ranah Bahasa Inggris.

“Kesan saya pertama kali ketika mengikuti program ini, khususnya dibagian pendidikan, sangat senang karena saya bisa membantu serta sharing ilmu yang saya punya kepada anak-anak di dusun Adong 1. Saya melihat bahwa anak-anak disana membutuhkan dorongan serta motivasi didunia pendidikan, khususnya di bidang Bahasa Inggris,” kesannya.

Cerita Prodi Pendidikan Jasmani, Olahraga & Rekreasi

Prodi Olahraga sendiri tidak hanya memberikan materi kepada anak-anak didusun Adong 1, tetapi mereka juga memberikan praktek kepada anak-anak. Dalam hal ini, mereka memberikan teori kemudian disusul dengan praktek sehingga materi yang berikan bukan hanya menjadi teori belaka.

Adrianus Alvindo, perwakilan Prodi Olahraga sekaligus ketua Himpunan Mahasiswa Olahraga mengatakan bahwa melalui program ini, mereka tidak hanya bisa mengasah softskill, tetapi hardskill dan kemampuan public speaking serta percaya diri bisa diasah.

“Saya sangat senang sekali karena melalui program ini, kami bisa mengasah softskill & hardskill kami, mengingat kami adalah calon guru, maka hal tersebut pasti akan berguna dimasa depan,”ucapnya.

Cerita Tim Pelayanan Sekolah Minggu

Hari minggu adalah hari dimana anak-anak berkesempatan untuk bersekolah minggu. Pelayanan sekolah minggu dilakukan oleh mahasiswa Katolik & Protestan STKIP Pamane Talino. Anak-anak disana diberikan contoh bagaimana cara berdoa yang baik, diberikan cerita isi kitab suci, menyanyikan lagu-lagu rohani, bermain bersama serta diberikan teori dan praktek bagaimana cara berbuat baik terhadap orang lain.

Salti, mahasiswi STKIP Pamane Talino yang turut andil dalam pelayanan sekolah minggu mengatakan bahwa dia bersuka cita karena bisa belajar dari hal kecil untuk bisa melayani sesama, karena melayani sesama juga melayani Tuhan, katanya.

“Saya bersuka cita bisa ikut tergabung dalam pelayanan sekolah minggu karena dengan cara ini saya bisa melayani sesama, mengajarkan anak-anak berdoa yang baik & benar, serta mengajarkan anak-anak menyanyikan lagu-lagu rohani,”kesannya.

Cerita Mahasiswi AKBID St. Benedicta Pontianak

Selain kegiatan BARA MUDA, mahasiswi AKBID St. Benedicta Pontianak juga melakukan program di Dusun Adong 1, yaitu Pembangunan Kesehatan Masyarakat Desa (PKMD) dilakukan selama 14 hari.

Selama PKMD, mahasiswi melakukan pendataan ke rumah-rumah warga, musyawarah masyarakat desa (MMD), Memberikan penyuluhan kepada masyarakat cara hidup bersih dan olahraga bersama msyarakat Dusun Adong 1.

Sherin, mahasiswi AKBID St. Benedicta Pontianak yang melakukan PKMD di Dusun Adong 1 mengatakan bahwa dia sangat senang dan bersyukur bisa melakukan PKMD disana, dimana mereka disambut baik oleh masyarakat dan bisa ikut andil dalam meningkatkan kesehatan warga menjadi lebih baik lagi.

“Kesan selama mengikuti PKMD di Dusun Adong 1, saya bersyukur dan berterima kasih kepada masyarakat yang telah menerima kedatangan kami dengan baik. Semoga dengan kedatangan kami dalam kegiatan PKMD ini, bisa menyadarkan masyarakat agar lebih memperhatikan pola hidup sehat,” kesannya.

 

Oleh: Kristian Anggi Purnomo & Julis – Reporter BARA MUDA & Ketua BEM STKIP PATA 

Editor: Tim Media Center STKIP Pamane Talino